Dicium Tangannya, Sultan HB X Tak Tahu Raja Juli Sekjen PSI

Beritaraya.com – Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X atau Sultan HB X baru belaka bertemu secara khusus dengan Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni.

Kedatangan Sekjen PSI yang tersebut juga menjabat sebagai Wakil Menteri Agraria lalu Tata Ruang (ATR) itu mendampingi Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto pada penyerahan sertifikat Tanah Kasultanan juga Kadipaten di tempat Gedung Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta, Kamis (07/12/2023).

Ada momen menarik pada waktu Sultan HB X dimintai keterangan mengenai pertemuannya dengan Raja Juli. Hubungan Sultan HB X dengan PSI memang benar belakangan jadi perbincangan usai pernyataan kontroversial politikus PSI Ade Armando yang dimaksud menyindir dinasti urusan politik di area Yogyakarta.

Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni bertemu dengan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X. (Foto dok. PSI)
Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni bertemu dengan Gubernur Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X. (Foto dok. PSI)

Sultan Hamengkubuwono mengaku bahwa tak ada pembahasan masalah Ade Armando di rapat tertutup dengan Raja Juli tersebut.

Menariknya, Sultan mengaku tidaklah tahu kalau Raja Juli adalah Sekjen PSI, partai yang dimaksud diketuai oleh Kaesang Pangarep.

“Saya tiada bicarakan (persoalan Ade Armando) itu kok. Saya kan juga tidak ada tahu beliau itu Sekjen (PSI),” kata Sultan dikutipkan dari SuaraJogja.id, Hari Jumat (8/12/2023).

Senada dengan Sultan, Raja Juli Antoni juga enggan berkomentar persoalan Ade Armando. Usai mencium tangan Sultan,  Raja Juli bergegas kemudian menjawab singkat bahwa rencana rapat itu mendiskusikan perihal MoU Kementerian.

“[Pertemuan ini] perihal MoU [pertanahan] tadi, follow MoU. Meneruskan Mou. Makasih,” tandasnya.

Kaesang Persilakan Ade Armando Keluar dari PSI

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mempersilakan kadernya Ade Armando untuk mengundurkan diri dari partai jikalau tidak ada bisa saja mengikuti aturan konstitusi terkait Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Kami dari PSI taat sejenis konstitusi apalagi yang digunakan menyangkut dengan tempat keistimewaan dari Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Kaesang seperti dilihat dari akun Tiktok Koma Politik pada Kamis 7 Desember 2023.

“Mau itu juga buat bang Ade maupun kader yang dimaksud lain. Yang gak bisa saja taat silahkan pergi dari aja dari PSI dan juga saya sekarang bagian dari Yogya saya kemarin juga menikah di tempat Yogya,” ujarnya.

Sebelumnya, politisi Ade Armando menyampaikan kritik untuk para siswa khususnya BEM Universitas Indonesia (UI) lalu Universitas Gajah Mada (UGM), yang digunakan mengadakan aksi mengkritik terkait urusan politik dinasti.

Dirinya mengatakan bahwa BEM UI juga BEM UGM ironi oleh sebab itu sesungguhnya Daerah Istimewa Yogyakarta yang tersebut mempraktikkan urusan politik dinasti. Hal itu disampaikan Ade Armando lewat akun X miliknya, @adearmando61.

Ia lalu mengajukan permohonan maaf untuk rakyat berhadapan dengan pernyataannya terkait urusan politik dinasti yang digunakan bikin gaduh pada Hari Senin 4 Desember 2023. Tindakan blunder Ade Armando kemudian menghasilkan banyak pihak mengecamnya termasuk dari warga di dalam Yogyakarta.

Share This Article

TERPOPULER

Cara Pakai Fitur Find My iPhone, Temukan HP yang Hilang dengan Mudah dan juga Segera

Alasan Vivo X90 lalu X90 Pro Tidak Dirilis ke Indonesia

Samsung Siap Hadirkan Galaxy Artificial Intelligence di dalam Awal 2024, Kecerdasan Buatan pada Genggaman

Belum Ada Regulasi Khusus, Kominfo Bisa Tertibkan Artificial Intelligence lewat UU ITE serta Peraturan eksekutif

7 Item Counter Novaria Mobile Legends, Skill OP-nya Nggak Tantangan

Resmikan Akademi Sepak Bola pada Bekasi, Prabowo Subianto Janji Dukung Atlet Perempuan